Potensi di Desa Bator



Desa Bator berada di Kecamatan Klampis Kabupaten Bangkalan. Desa Bator terdiri dari lima dusun yaitu, Dusun Laoksabe, Dusun Tengginah, Dusun Betan, Dusun Pokak, dan Dusun Tangluar. Desa Bator memiliki tipe tanah tadah hujan. Sehingga tidak semua tanaman dapat tumbuh subur di Desa Bator. Potensi yang banyak ditemui di Desa Bator adalah banyaknya pohon mangga, pohon sukun, dan bambu yang tumbuh di sekitar rumah masyarakat Desa Bator. Desa ini juga memiliki berbagai pontensi yang tidak banyak diketahui oleh masyarakat lain. Setiap dusun di Desa Bilangan memiliki potensi unggulan yang berbeda-beda, antara lain:


1. Dusun Laoksabe
Dusun Laok Sabe terletak di desa Bator bagian selatan. Dusun ini dekat dengan pasar dan polsek. Mayoritas penduduk di dusun Laok Sabe bekerja sebagai pedagang. Selain itu banyak juga yang merantau dan pelayaran. Sementara kaum perempuan menjadi ibu rumah tangga. Di dusun ini banyak tumbuh pohon bambu dan jati.

2. Dusun Tengginah
Dusun tengginah terletak di desa Bator bagian timur. Dusun ini dekat dengan pasar, polsek, dan indomaret. Kebanyakan penduduknya bermata pencaharian sebagai pedagang di pasar klampis. Selain itu banyak juga penduduk yang merantau ke Malaysia dan juga pelayaran. Di dusun Tengginah ada lapangan voli yang biasa digunakan oleh warga untuk bermain voli pada sore hari.

3. Dusun Betan
Dusun betan merupakan dusun yang letaknya berbatasan dengan desa tenggun. Penduduk dusun betan banyak yang bekerja sebagai kuli tambang kerikil yang terletak di desa tenggun. selain itu, banyak juga masyarakat di dusun ini yang bekerja sebagai pedagang di pasar klampis. hal tersebut di dasari dengan letak geografis desa betan yang dekat dengan desa tenggun daripada dengan dusun yang ada di desa Bator. Sebagian besar pendidikan penduduk untuk saat ini sudah sampai tingkat SMA, ada juga yang melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

4. Dusun Tangluar
Dusun tangluar merupakan dusun yang paling jauh di desa Bator. Dusun Tang  luar terletak di desa bator bagian barat. Di dusun tangluar mata pencahariannya petani, pedagang dan pelayaran.  Banyak juga penduduk yang tidak memiliki pekerjaan/pengangguran. Potensi yang dimiliki di dusun Tangluar pohon jati dan ketela pohon.

5. Dusun Pokak
Mata pencaharian masyarakat dusun Pokak adalah petani (sebagian besar), pelayaran dan merantau keluar negeri. Petani di dusun pokak masih menggunakan tanah tadah hujan sehingga hasil pertaniaannya kurang menguntungkan. Masyarakat di dusun tersebut, jarang yang bekerja sebagai pegawai. Sebagian besar ibu-ibu di dusun pokak membuat rendeng untuk menambah penghasilan. Rendeng merupakan tempat ikan yang dibuat dari bambu yang dianyam. Biasanya 100 buah rendeng dijual dengan harga 20-25rb. Dalam sehari, biasanya ibu-ibu tersebut dapat menghasilkan 100 buah rendeng. Lahan pertanian di dusun pokak tidak terlalu luas dan kebanyakan di tanami padi. Potensi tanaman di desa Bator adalah bambu dan jati.

0 komentar:

Posting Komentar